Sunday, April 2, 2017

Wisata Gunung Beruk Desa Karang Patihan, Balong Ponorogo

Wisata Gunung Beruk Desa Karang Patihan, Balong Ponorogo

Assalamualaikum wr wb.. kali ini aku mau membahas mengenai salah satu tempat wisata di Ponorogo yang sedang hits dan menjadi alternative andalan wisata warga Ponorogo. Bukan hanya warga Ponorogo sih tapi warga luar Ponorogo juga sudah mulai tertarik dan mendatangi tempat wisata ini. yaap tempat yang aku maksud adalah Wisata Gunung Beruk yang berada di Desa Karang Patihan Balong Ponorogo.
Wisata Gunung Beruk ini berjarak kurang lebih 25 Km dari pusat kota Ponorogo. Jarak tempuh dari pusat kota bisa memakan waktu kurang lebih 1 jam (mungkin bisa kurang kalau naik motornya dengan kecepatan di atas 80km/jam hehehe) . Untuk rutenya kalian bisa melihat gambar di bawah ini.
Rute Ke Wisata Gunung Beruk Balong Ponorogo



Setelah rute,  apalagi yaa? Oh iya tiket masuk. Untuk harga tiket masuk satu sepeda motor dikenakan biaya 5000 sudah termasuk parkir. Kalau kalian ada 6 orang dan mau hemat mungkin bisa satu sepeda motor dinaikin 3 anak wkwkwkwkwk becanda ding. Tempat parkirnya sekarang lebih luas jadi bukan cuma buat sepeda motor aja tapi bus dan mobil juga bisa. Oh iya untuk tiket bus dan mobil aku gak ngerti.. maaf in yaaa... mungkin kalian bisa langsung kesana aja untuk lebih jelasnya hehehehe
Nah, sekarang apa saja kira-kira suguhan yang ada di tempat wisata ini. Mau tahu? Lanjut baca yaaa..
Pertama adalah pemandangan alam yang hijau yang akan membuat pikiran kembali segar. Di sana kalian bakal ngeliat banyak pohon pinus yang menjulang tinggi. Pohon pinus itu yang bikin tempatnya jadi adem dan kaya akan oksigen. Pokoknya buat kalian yang penat dengan kerjaan dan suasana kota yang riwuh, tempat ini bisa membuat pikiran fresh dan tenang. Hehehe oh iya ada juga pernak pernik yang juga bikin tempat ini terlihat unik seperti foto di bawah ini.



Kedua adalah rumah pohon. Eh rumah pohon bukan yaaa.. pokoknya seperti gambar yang ada di bawah ini. Ini adalah salah satu ikon dari wisata Gunung Beruk. Belum foto di tempat ini artinya belum ke Gunung Beruk.. hahaahha di sebelahnya juga ada sebuah bingkai bunga berbentuk hati yang juga menjadi salah satu spot favorit pengunjung saat berada di Wisata Gunung Beruk. (Buat yang jomblo boleh juga kok foto di situ, semua boleh.. hahaha)
Ke tiga out bond dan camping. Buat adek-adek pramuka yang mau menyelenggarakan outbond, kalian bisa langsung menghubungi pihak pengelola Wisata Gunung Beruk. Aku belum pernah sih ngeliat outbond nya tapi setahu aku ada yang pernah outbond di sana. Oh ya buat para pecinta alam juga bisa melakukan camp di gunung beruk. Sudah banyak kok yang ngadain camp di sana. Bahkan ada juga tempat buat manggung kalau mau ngadaain acara music.. lengkap deh pokoknya...
Ke empat adalah jajanan atau makanan. Buat kalian yang doyan makan atau cepet laper, kayak aku, kalian gak perlu khawatir. Di sana ada banyak warung dari tenda yang menyediakan berbagai makanan dan minuman. Dari makanan ringan, sedang, dan berat juga ada. Harga juga lumayan terjangkau.. Menu yang sempat aku coba kemaren nasi ayam dibungkus daun pisang, mie rebus, mie goreng, es degan sama tempe goreng. Harga nasi bungkusnya 5000 an, untuk porsi ya lumayan tapi kalau buat aku itu kurang banyak hahahaha maklum perut karet. Mie rebus dan goreng harga 4000 an kalo pake telor beda lagi. Es degan nya 4000 an. Gorengan 500 an... selain itu ada lagi kok makanan dan minumannya. Dijamin gak bakal kelaperan di sana.
Ke lima adalah prasasti cinta.. Bentuknya kayak yang ada di gambar bawah. Kayaknya fungsinya hampir sama yang ada di Korea yaa.. Nulis nama kamu dan pasangan kamu di permukaan gembok, lalu digembok terus dibuang kuncinya. Kemarin kesana baru ada 3 gembok yang terpasang, yaaa mungkin karena itu ikon baru. Aku gak tau sih gemboknya disediain apa bawa sendiri. Mau nanya gak ada yang jaga disana kemaren. 


Mungkin itu sih beberapa spot atau ikon-ikon dari wisata gunung Beruk yang berhasil saya rangkum (kayak materi sekolah aja). Untuk foto-foto seputar tempat wisata ini kalian bisa cari di Instagram dengan tagar #wisataGunungberuk #pesonagunungberuk dan lain-lain. Banyak kok yang udah kesana dan share foto tentang wisata Gunung Beuk. Buat kalian yang penasaran langsung aja dateng ke TKP biar gak penasaran lagi. Sekedar saran sih, kalau mau kesana jangan pas hari libur.. yaah kalian taulah kayak tempat wisata lainnya, kalau hari libur pasti full.. jadi berasa gak bisa menikmati liburan.. Oh iya ada yang ketinggalan, di sana juga ada toiletnya. Ada juga tempat buat cuci tangan, cuci kaki, cuci muka, cuci mata eh pokoknya ada kran-kran air yang bisa kalian gunakan.
Cukup yaa itu aja.. kalau mau ngasih nilai buat wisata ini, dari angka 1-10 aku kasih 8 setengah.. ehehehe pengelola tempat ini aku bilang cukup kreatif karena selalu menambahkan ikon-ikon dan inovasi lain yang membuat pengunjung gak bosen buat dateng. Sukses daah buat pengelola dan pemerintahan desa Karang Patihan.. tumbs up.. semoga kesuksesan Wisata Gunung Beruk ini bisa menjadi pelajaran dan contoh bagi pemuda-pemudi serta pemerintahan desa lain yang ada di Ponorogo untuk mengembangkan potensi wisata yang berada di desa masing-masing. See you on the next trip.. my ngelikip my ngelutur..

No comments:

Post a Comment

terimakasih telah berkunjung ke blog saya, jangan lupa tinggalkan komentar ya sahabat :)